Pages

April 22, 2011

ANDROID

ANDROID





Kenapa banyak smartphone yang menjalankan OS Android?
Karena belum ada virus yang dibuat untuk Android, fitur-fitur terbaru dari Android dan lain-lain (menurut saya).
Versi pertama dari OS Android adalah v1.5 Cupcake. Versi inipun telah dijalankan oleh ponsel buatan HTC seperti: HTC G1, HTC Magic, dll.
Kemudian semakin lama OS inipun semakin berkembang pesat hingga v2.2 Froyo pun akhirnya dirilis dan Google berani keluarkan smartphonenya yang diberi nama Google Nexus One yang bekerja sama dan versi awalnya saat itu adalah v2.1 Eclair yang kemudian dapat di upgrade ke v2.2.

Bahkan Google sudah merilis OS Android teranyar yakni OS Android 2.3 Gingerbread bersamaan dengan ponsel Google Nexus kedua yang menggandeng vendor Samsung.
Dan saya akan membahas satu persatu versi yang dibuat oleh Google.






OS Android 1.5 Cupcake

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa versi Cupcake adalah versi Android pertama yang dibuat oleh Google.
Di saat itu, fitur-fitur yang dimiliki oleh si Cupcake ini masih terbilang sedikit dibandingkan dengan versi-versi Android yang lain (maklum, versi pertama). HTC G1 adalah ponsel pertama yang menjalankan OS Android 1.6 Cupcake.
Saat HTC G1 dan Android Cupcake resmi dirilis adalah disaat OS Symbian sedang mencapai popularitas tinggi, jadi mau tak mau OS Android pasrah dulu (apalagi Android belum banyak dikenal oleh negara).

OS Android 1.6 Doughnut

Inilah versi kedua OS Android kedua dari Google. OS ini diberi nama Doughnut (v2.1). Salah satu ponsel yang juga memaki OS tersebut adalah HTC G1. Doughnut juga memberi fitur lebih daripada OS Android 1.5 Cupcake.






OS Android 2.1 Eclair

Nah, di sinilah perang OS dimulai.
Google optimistis merilis ponsel cerdasnya dan membenamkan OS Android 2.1 Eclair.
Banyak fitur dari OS Android Eclair di Google Nexus One dan tentu saja fitur-fitur tersebut sangat menarik. Salah satunya adalah Android Market dan Live Wallpaper yang mana wallpaper ini dapat dibuat seperti hidup di layar ponsel (tapi bukan berarti semacam 3D). Sayangnya, Live Wallpaper ini hanya tersedia di beberapa ponsel Android saja.







OS Android 2.2 Froyo

Google kembali merilis Android terbarunya dan baru beberapa smartphone yang dapat menggunakannya dan itupun harus di upgrade. Tapi jangan anggap remeh, Froyo ini menawarkan fitur yang sangat menarik dan menguntungkan untuk kita, seperti fitur yang dapat membuat hotspot Wi-Fi (sebenarnya Eclair juga sudah punya fitur itu). Pokoknya banyak deh.





OS Android 2.3 Gingerbread

Inilah OS Android teranyar yang telah dirancang Google. Dan kini versi anyar ini dapt dinikmati di Ponsel SAmsung Google Nexus S.  Fitur-fitur yang di tawarkan adalah NFC (Near Field Communications), homescreen baru, tampilan lebih aktraktif, dll.


OS Android 3.0 Honeycomb

Untuk lebih lengkapnya silahkan buka tautan link berikut ini  Honeycomb Android 3.0





0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms